Kelebihan Kusen Aluminium dan Cara Penggunaannya

Kusen Almunium Entrance pada Ruko

Munculnya wacana pembatasan kayu yang diambil secara langsung dari alam telah menyebabkan terjadinya perubahan konsep desain rumah hunian. Misalnya saat ini sudah ada yang mulai memakai almunium sebagai pengganti kayu untuk membuat kusen pada pintu dan jendela atau beberapa element yang lain. Padahal sebelum ini kusen almunium lebih sering diaplikasikan pada bangunan perkantoran. 

Ada beberapa keuntungan yang didapat bila mau membuat kusen almunium. Bahan ini punya daya tahan yang lebih kuat dan dijamin tidak bisa mengalami keropos sepeti bahan kusen dari kayu. Apalagi almunium tidak bisa dimakan oleh rayap. Bahkan binatang pengerat tersebut tidak akan mau tinggal dikusen berbahan almunium. 

Jika terjadi perubahan cuaca, bentuknya juga tidak akan mengalami perubahan seperti menyusut, melengkung atau mengalami pergeseran tempat. Bentuk kusen almunium bersifat lebih stabil, bahkan ketika datang cuaca yang ekstrim sekalipun. Selain itu jika terjadi bencana kebakaran misalnya almunium tidak bisa ikut terbakar sehingga dampak yang merugikan bisa dimaksimalkan.

 Please Call : 0856 7823 744 / 0812 8044 5552

Kelebihan lainnya, meskipun merupakan produk industri modern, tapi saat ini kusen almunium juga bisa dibuat dengan tampilan yang disesuaikan dengan keinginan serta selera penggunaannya. Ada yang dicat dengan warna-warna yang menarik. Selain itu ada pula kusen almunium yang diberi lapisan coating berserat kayu sehingga punya tampilan yang lebih alami.
 
Kusen Almunium dengan warna menarik dan berserat kayu
Dibandingkan dengan bahan yang lain, kusen almunium juga lebih mudah perawatannya, Jika ada kotoran yang menempel tinggal dibersihkan dengan lap basah. Dan yang lebih menarik lagi almunium juga tidak bisa berkarat serta tidak aka noda jamur yang bisa tumbuh ditempat itu. 

Untuk masalah harga, kusen almunium juga lebih ekonomis dan tidak membutuhkan dana yang begitu besar. Dan bukan saja pada harga pembelian produknya saja yang lebih irit, namun juga ongkos pemasangan dan perawatan karena memiliki jangka waktu pemakaian yang lebih lama.. Demikian pula dengan daya tahannya, kusen almunium lebih awet. 

Cara menggunakan kusen almunium maupun tehnik pemasangannya juga jauh lebih mudah dilakukan. Sistem yang dipakai untuk pemasangan tersebut adalah system fischer. Teknik seperti ini kekuatannya bersumber dari sekrup fischer yang dipasang dengan cara dibor lalu dimasukan bersama kusen dan dirapatkan pada dinding yang sudah diplester. Hanya yang perlu diperhatikan adalah perhitungan ukuran dan sudutnya harus dilakukan secara cermat karena jika terjadi suatu kesalahan sedikit saja bisa menimbulkan efek yang sangat fatal dalam pemasangannya. 

Agar bisa mendapatkan hasil yan sempurna, pilih sekrup yang diberi lapisan anti karat. Jadi jika dindingnya kemasukan rembesan air, sekrup tetap terpasang dengan kuat dan tidak bisa terlepas. Meski terlihat sepele namun bagi yang belum berpengalaman kesalahan seperti ini masih sering terjadi. Demikian pula dengan bahannya, pilihlah kusen dengan kualitas yang paling bagus sehingga almunium tersebut tidak mudah mengalami pemuaian. Kusen almunium yang tipis akan lebih mudah bengkok. 

Teknik penyambungan antar sudut juga harus diperhatikan dengan cermat. Jika terjadi kesalahan akan memunculkan rongga atau lubang. Jika ini terjadi akan membuat air bisa masuk sehinga celah yang berada didalam menjadi lembab dan merembes ke dalam dinding. Meski tidak dapat tumbuh dikusen, namun jamur tetap bisa muncul didinding. 

Karet yang dipakai untuk dijadikan penyekat pada almunium dan kaca juga harus dipilih yang kualitasnya terjamin sehingga bisa melekat dengan erat dan tidak bisa terjadi kebocoran. Meski tidak punya pengaruh terhadap kualitas pemasangan, namun kebocoran ini bisa membuat bentuk dan tampilan pintu atau jendela menjadi kurang bagus terutama ketika terkena siraman air hujan.
Penulis: suciptoferista
Kusen Aluminium Minimalis Updated at: 09.07

Tidak ada komentar:

Posting Komentar